Prodi Hukum Ekonomi Syariah FAI Unasman Hadirkan guru Besar Bidang Ekonomi Syariah

Senin, 24 Desember 2018

Polewali Mandar-Universitas Al-Asy’ariah Mandar  Fakultas Agama Islam Prodi Hukum Ekonomi Syariah menghadirkan Guru Besar Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar dalam membawa kuliah umum di gedung Aswaja FAI Unasman. 

Dengan bertemakan “Prospek Prodi Hukum Ekonomi Syariah dalam Era Global” Guru Besar Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar, yakni Prof. DR. H.Muslimin Kara, M.Ag, membawakan Kuliah umum Dihadapan 100-an mahasiswa/I Prodi hokum Ekonomi Syariah FAI Unasman dan juga sebagian Dosen Unasman yang hadir dalam kegiatan ini. Turut hadir beberapa dosen ekonomi Islam dari kampus luar Unasman.
Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Busrah, S.Sy,.ME, di awal sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada Prof.DR.H.Muslimin Kara, M.Ag yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk hadir yang kedua kalinya di Unasman. “Terima kasih Prof atas kehadirannya, ini adalah kehadiran yang kedua kalinya di kampus dimana beliau empat tahun silam juga hadir di kampus ini mendampingi penyusunan Borang akreditasi prodi hokum Ekonomi Syariah, Alhamdulillah berkat bimbingan beliau empat tahun silam prodi kita dapat meraih Akredesitasi dengan peringkat “B” dan satu-satunya prodi Hukum Ekonomi Islam di Sulbar yang mearih peringkat Akreditasi B”. selanjutnya Busrah yang juga menjabat sebagai Ketua GP.Ansor Kab polewali Mandar menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah salah satu rangkaian kegiatan percepatan Akreditasi Prodi Hukum Ekonomi Syariah sekligus bentuk eksistensi Prodi Hukum Ekonomi Syariah sebagai prodi yang terbaik di Sulawesi Barat “ Kehadiran Guru Besar Bidang Ekonomi Islam UIN Alauddin menujukkan bahwa prodi kami sebagai salah satu prodi yang terbaik yang ada di Sulawesi Barat”    
Sementara prof. Dr. H. Muslimin Kara dalam uraian materinya menyampaikan beberapa poin penting diantaranya, Industri Keuangan Syariah merupakan sebuah sector yang paling trendy dalam bisnis keuangan modern akhir-akhir ini dimana tingkat pertumbuhan perbankan syariah yang tumbuh sekitar 50%/tahun, begitupun dengan asset Industri lembaga keuangan non bank syariah mengalami peningkatan yang begitu cepat, tercatat sekitar 1.274 Triliun Rupiah.
Merujuk pada data tersebut, secara garis lurus, itu juga akan meningkatkan tingkat kebutuhan akan Sumber Daya Manusia (SDM) pada industry tersebut. Dimasa yang akan dating sekitar tahun 2030, dibutuhkan sekitar 184.000 SDM, menurut Sutoso Imam Zadjuli dalam jangka menengah diperkirakan D3 sampai S3 sekitar 38.000 tenaga pendidik, sehingga ini membuka peluang kerja bagi para Alumni hokum ekonomi Islam.
Sisi lain, dalam hal potensi Zakat, Republika Online (29/4) Mencatat bahwa potensi zakat di Indonesia itu sekitar Rp.217 Triliun, adapun yang terserap ke Amil Zakat hanya sekitar 27,3 Triliun


Comments

Write A Comment

security image

 



Artikel Terkait

Secondary Navigation

Latest News

BEM FAI Unasman Gelar sem ...

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Alasyariah Mandar (Unasman) menggelar seminar dengan tema ...

Continue Reading »

Prodi Hukum Ekonomi Syari ...

Polewali Mandar-Universitas Al-Asy’ariah Mandar  Fakultas Agama Islam Prodi Hukum Ekonomi Syariah menghadirkan Guru Besar Ekonomi Islam UIN Ala...

Continue Reading »

Unasman Raih Status Akred ...

Polewali Mandar: Usaha dan kerja keras seluruh sivitas akademika Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) dalam rang...

Continue Reading »