Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan

(SK. Dirjen Dikti Depdiknas No. 2491/D/T/2006). Terakreditasi BAN-PT Nomor: 043/BAN-PT/Ak-XII/S1/I/2010

VISI

Menjadikan Program studi PPKn yang terdepan pada bidang pendidikan dan pengajaran PPKn, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan politik kenegaraan, hukum dan moral serta keterampilan hidup.

MISI

  • Mengembangkan proses pembelajaran PPKn yang profesional sehingga dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu, teknologi dan inovasi dibidang PPKn.
  • Berprilaku yang se-suai dengan tuntutan norma Pancasila dan nilai agama.
  • Melaksanakan program studi PPKn yang dapat mendukung keanekaragaman keterampilan yang dapat membantu alumni bekerja pada berbagai institusi.
  • Berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki keunggulan dan menguasai IPTEK yang berbasis iman dan takwa, berbudi pekerti luhur dan bermartabat untuk mem-bentuk warga negara yang baik.
  • Melaksanakan kerjasama dengan institusi lain relevan dan stakeholders untuk menghasilkan lulusan yang dengan kemampuan sendiri dapat menyesuaikan dengan tuntutan dunia kerja.

TUJUAN

Program studi PPKn FKIP UNASMAN secara umum adalah untuk melahirkan tenaga ahli kependidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang intelektual, profesional, unggul dan memiliki daya saing yang tinggi serta santun dalam bersikap karena didasari oleh iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Adapun rincian tujuan secara khusus adalah sebagai berikut:

  • Untuk menghasilkan sarjana PPKn yang berkualitas, me-nguasai dasar-dasar ilmiah pengetahuan dan metode pe-nelitian serta menguasai ilmu kependidikan sehingga mam-pu berfikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan penge-tahuan dan keterampilannya.
  • Mampu menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam rangka membentuk warga negara yang baik, jujur dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan sosial.
  • Mampu mengembangkan syiar agama dan budaya lokal dalam kehidupan pribadinya, masyarakatnnya dan dalam kehidupan berbangsa serta bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Menghasilkan sarjana PPKn yang berkemampuan mengaplikasikan ilmu dalam bidang pendidikan PPKn, pengembangan sumber daya manusia, serta dapat berwirausaha.